Karakteristik Perusahaan dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Dimoderasi Good Corporate Governance terhadap Nilai Perusahaan
Abstract
Company value is considered necessary for interested parties both internally and externally when making investments. This study examines and analyzes the influence of Company Characteristics (Firm Size, Capital Structure, and Profitability) and Corporate Social Responsibility (CSR) Disclosure moderated by Good Corporate Governance on Firm Value. There are 188 manufacturing companies on the Indonesia Stock Exchange (IDX), the population with 22 sample companies in the 2016-2018 period. The sampling technique was the purposive sampling method. Data were analyzed using multiple linear regression and moderated regression analysis on SPSS. This study indicates that the capital structure and good governance affect firm value, and the firm size variable shows a negative effect. Good Corporate Governance can strengthen the influence of firm size, capital structure, and CSR disclosure on firm value, while good governance weakens the effect of profitability on firm value, which is of interest.Â
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anugerah, K. H. G., & Suryanawa, I. K. (2019). Pengaruh Leverage dan Ukuran Perusahaan Pada Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi, 26(3), 2324–2352. doi: https://doi.org/10.24843/eja.2019.v26.i03.p24
Ayu, D. P., & Suarjaya, A. A. G. (2017). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Mediasi Pada Perusahaan Pertambangan. E-Jurnal Manajemen, 6(2), 1112–1138. Diakses dari https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/27825
Bintara, R. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Growth Opportunity, dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2015). Profita, 11(2), 306-328. doi: https://doi.org/10.22441/profita.2018.v11.02.010
Cahyani, G. A. P., & Wirawati, N. G. P. (2019). Pengaruh Likuiditas, Kebijakan Dividen, Profitabilitas, dan Ukuran Perusahaan pada Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi, 27(2), 1263-1289. doi: https://doi.org/10.24843/eja.2019.v27.i02.p16
Chandrarin, G. (2018). Metode Riset Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat
Damayanti, N. P. W. P., & Suartana, I. W. (2014). Pengaruh Kepemilikan Manajerial dan Kepemilikan Institusional pada Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi, 9(3), 575-590. Diakses dari https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/9317
Suryawati, B. N., & Puspitasari, D.. (2019). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2017. Jurnal Sosial Ekonomi dan Humaniora, 5(1), 17-26.
Dewi, L. S., & Abundanti, N. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Kepemilikan Institusional dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen, 8(10), 6099-6118. doi: https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i10.p12
Dewi, N. P. I. K., & Abundanti, N. (2019). Pengaruh Leverage dan Ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel mediasi. E-Jurnal Manajemen, 8(5), 3028-3056. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i05.p16
Dhani, I. P., & Utama, A. G. S. (2017). Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan, Struktur Modal, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Airlangga, 2(1), 135-148. doi: http://dx.doi.org/10.31093/jraba.v2i1.28
Franita, R. (2018). Mekanisme Good Corporate Governance dan Nilai Perusahaan. Medan: Lembaga Penelitian dan Penulisan Ilmiah AQLI.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 (Edisi 9). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hery. (2017). Kajian Riset Akuntansi. Jakarta: PT Grasindo. Diakses dari https://www.google.co.id/books/edition/Riset_Akuntansi/tsRGDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=hery+kajian+riset+akuntansi&printsec=frontcover
Kadim, A., & Sunardi, N. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan Terhadap Leverage Implikasi Terhadap Nilai Perusahaan Cosmetics and Household yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal SEKURITAS (Saham, Ekonomi, Keuangan dan Investasi), 3(1), 22-32. doi: http://dx.doi.org/10.32493/skt.v3i1.3270
Kasmir. (2019). Analisis Laporan Keuangan. Depok: PT. RajaGrafindo Persada.
Kushariani, A., Ananda, R., & Riandi, M. R. (2019). Effect of Corporate Social Responsibility, Profitability, and Corporate Governance on Company Value. Jurnal Akuntansi Trisakti, 5(1), 95-108. doi: https://doi.org/10.25105/jat.v5i1.4863
Kusumastuti, W. F., Setiawati, E., & Bawono, A. D. B. (2017). Pengaruh Profitabilitas dan Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan dengan Kepemilikan Manajerial sebagai Variabel Moderasi (Studi pada Perusahaan Property dan Real Estate Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2017). In Seminar Nasional dan The 6th Call For Syariah Paper (SANCALL) 2019 Universitas Muhammadiyah Surakarta, 275-295. Diakses dari https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/11395
Lestari, N. S., & Wirawati, N. G. P. (2018). Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Pengungkapan CSR Terhadap Nilai Perusahaan dengan GCG Sebagai Variabel Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi, 23(2), 1386-1414. doi: https://doi.org/10.24843/EJA.2018.v23.i02.p22
Nurnaningsih, E., & Herawaty, V. (2019, October). Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas, Pertumbuhan Dan Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kepemilikan Manajerial Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018. In Prosiding Seminar Nasional Cendekiawan, 2-42. Diakses dari https://trijurnal.lemlit.trisakti.ac.id/semnas/article/view/5831
Noviani, A. V., Atahau, A. D. R., & Robiyanto, R. (2019). Struktur Modal, Profitabilitas, dan Nilai Perusahaan: Efek Moderasi Good Corporate Governance. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 22(2), 391–415. doi: https://doi.org/10.24914/jeb.v22i2.2601
Onasis, K., & Robin, R. (2016). Pengaruh Tata Kelola Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sektor Keuangan yang Terdaftar di BEI. Bina Ekonomi, 20(1), 1–22. Diakses dari https://journal.unpar.ac.id/index.php/BinaEkonomi/article/view/1893
Pradana, R., & Astika, I. B. P. (2019). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Penerapan Good Corporate Governance, dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility pada Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi, 28(3), 1920-1933. doi: https://doi.org/10.24843/eja.2019.v28.i03.p18
Rahmawati, A. D. (2015). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Struktur Modal, dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Sektor Properti, Real Estate, dan Building Construction yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2010-2013). Jurnal Administrasi Bisnis, 23(2), 1-7. Diakses dari http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/924
Savitri, D., Mardani, R. M., & Wahono, B. (2019). Pengaruh Frim Size, Struktur Modal dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan dengan Good Corporate Gocernance sebagai Variabel Moderating (Study Kasus pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di BEI Periode 2015-2017). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 8(6), 107-125. Diakses dari http://riset.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/2268
Silvia, I. (2019). Nilai Perusahaan Melalui Kualitas Laba (Good Corporate dan Kebijakan Perusahaan). Surabaya: Scopindo Media Pustaka.
Stacia, E., & Juniarti. (2016). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan di Sektor Pertambangan. Business Accounting Review, 4(1), 81 -90. Diakses dari http://publication.petra.ac.id/index.php/akuntansi-bisnis/article/view/6660/6042
Sukriyawati, N. (2016). Pengaruh Struktur Modal dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Akuntansi Manajerial, 1(2), 71-82. Diakses dari http://journal.uta45jakarta.ac.id/index.php/JAM/article/view/749
Sudana, I. M. (2019). Manajemen Keuangan (Teori dan Praktik). Surabaya: Airlangga University Press.
Suniari, I. A. M., & Suaryana, I G. N. A. (2017). Pengaruh Umur dan Ukuran Perusahaan Pada Pengungkapan Modal Intelektual dan Dampaknya Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi, 21(2), 1549-1574. Diakses dari https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/31250
Susanti, G. A. M. R., & Budiasih, I. G. A. N. (2019). Pengaruh Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dan Profitabilitas pada Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi, 28(3), 1767-1782. doi: https://doi.org/10.24843/eja.2019.v28.i03.p09
Tambalean, F. A. K., Manossoh, H., & Runtu, T. (2018). Pengaruh Kepemilikan Manajerial dan Kepemilikan Institusional Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi di BEI. Going Concern: Jurnal Riset Akuntansi, 13(4). doi: https://doi.org/10.32400/gc.13.04.21255.2018
DOI: https://doi.org/10.35138/organum.v4i1.129
Refbacks
- There are currently no refbacks.